Vektor

  • Menjelaskan vektor, operasi vektor, panjang vektor, sudut antar vektor dalam ruang berdimensi dua (bidang) dan berdimensi tiga
  • SMA/MA
  • MIPA
  • Peminatan
  • Ekonomi
  • X
  • 2021 / 2022
  • Semester 2

Vektor

  • Menjelaskan vektor, operasi vektor, panjang vektor, sudut antar vektor dalam ruang berdimensi dua (bidang) dan berdimensi tiga

Salam jumpa melalui pembelajaran matematika dengan materi Vektor. Modul ini
disusun sebagai satu alternatif sumber bahan ajar siswa untuk memahami materi
Vektor di kelas X peminatan. Melalui modul ini Anda diajak untuk memahami konsep
vektor, operasi vektor, panjang vektor, sudut antar vektor dalam ruang berdimensi dua
(bidang) dan berdimensi tiga dan dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan Vektor, operasi vektor, panjang vektor, sudut antar vektor dalam ruang
berdimensi dua (bidang) dan berdimensi tiga.

Aplikasi vektor dalam kehidupan nyata banyak digunakan di bidang teknik sipil, vektor 
digunakan dalam rancang bangun dasar arsitektur untuk perhitungan panjang, sudut,
dan letak; menentukan komponen- komponen dasar di dalam bangunan tersebut;
mengetahui perhitungan pasti dari rangka bangunan, contoh : penempatan pilar
pondasi; menentukan garis siku-siku dilapangan, garis siku-siku di lapangan banyak
dilakukan dengan memanfaatkan dalil phytagoras; menentukan kekuatan gaya yang
bekerja pada struktur bangunan di atas tanah, perhitungan arah vektor gaya
dimaksudkan untuk mencegah terjadinya keruntuhan bangunan; menghitung momen
balok dan dimensi balok; sebagai dasar penentuan perhitungan kemiringan atap; dan
mengukur tinggi gedung dan memperkirakan tinggi pembangunan gedung dengan
memperhitungkan sudut elevasi dan sudut pandang bangunan. Bidang lain pun konsep
vektor banyak digunakan.


Jenjang
  • SMA/MA
Jenis Kelompok Mata Pelajaran
  • MIPA
Kelompok Mata Pelajaran
  • Peminatan
Mata Pelajaran
  • Ekonomi
Kelas
  • X
Tahun Ajaran
  • 2021 / 2022
Semester
  • 2
Kompetensi Inti
  • 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
Kompetensi Dasar
  • 3.10 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem koordinasi (saraf, hormone dan alat indera) dalam kaitannya dengan mekanisme koordinasi dan regulasi serta gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem koordinasi manusia

kreator
  • Boby Engga Putra Damara, M.Pd

Isi Materi

kreator
  • Boby Engga Putra Damara, M.Pd
Kompetensi Inti
  • 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
Kompetensi Dasar
  • 3.10 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem koordinasi (saraf, hormone dan alat indera) dalam kaitannya dengan mekanisme koordinasi dan regulasi serta gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem koordinasi manusia
Belum ada Review

Rekomendasi

Sejarah Indonesia

Sejarah Indonesia

Materi Matematika Kelas 7 Semester 2

Materi Matematika Kelas 7 Semester 2

Biologi

Biologi

Bahasa Indonesia Kelas 10

Bahasa Indonesia Kelas 10